Prodi Teknologi Pendidikan Unesa Lakukan Aksi Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Jombang

Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berkompeten dalam peningkatan mutu pendidikan. Sebagai wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi mengenai pengabdian masyarakat di dunia pendidikan, Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa melakukan pelatihan peningkatan kompetensi guru di SMKN 1 Jombang, (11/10).

Kegiatan ini diikuti oleh 80 guru mata pelajaran berbagai jurusan mulai dari perhotelan, perbankan, akuntansi, multimedia, pemasaran, dan administrasi perkantoran selingkung SMKN 1 Jombang.

Tidak tanggung-tanggung dalam pelaksanaan pelatihan ini, Unesa menerjunkan 14 orang dosen dari Teknologi Pendidikan untuk mendampingi guru-guru. Hal tersebut bertujuan agar materi yang disampaikan dapat terserap secara baik oleh seluruh peserta.

Acara yang dibungkus dengan tema “Workshop Analisis Silabus dan Sumber Belajar Bagi Guru-Guru SMKN 1 Jombang” ini dibuka dengan pemaparan pemateri terkait Analisis Silabus dan Sumber belajar yang disampaikan oleh Dr. Andi Mariono, M.Pd. Setelah pemaparan pemateri usai, acara dilanjutkan dengan dilakukannya FGD setiap guru mata pelajaran dan hasil dari FGD tersebut setiap guru menghasilkan kebutuhan pengembangan media berdasarkan analisis silabus.

Sementara itu menurut Mokhammad Yasin, M.Pd, M.M., selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Jombang, dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam setiap mata pelajaran yang sedang diampuh.

“Kami berharapan dari kegiatan ini dapat meningkatnya kompetensi guru, sehingga ilmu yang di dapat dari kegiatan ini diimplementasikan secara nyata di lapangan yang berdampak pada meningatkan kualitas pendidikan,” ujar Yasin.

Ia juga menyebutkan keberadaan Unesa sangat dirasakan manfaatnya oleh semua guru dalam melaksanakan pelatihan ini. Menurutnya Unesa telah memberikan segala pengetahuan dan kelimuannya secara maksimal.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas dedikasi Unesa dalam melaksanakan PKM di SMKN 1 Jombang ini. Selain itu kegiatan semacam ini perlu ditingkatkan untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar sebagai bagian dari kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang dianut oleh Unesa,” tambah Yasin.

Sebagai informasi, kegiatan ini tidak hanya dilakukan pelatihan saja namun juga diselingi penandatanganan MoU antara Unesa dengan SMKN 1 Jombang untuk melakukan kegiatan PKM berkelanjutan.