Sholawat Store: Sukses Bisnis Radian, Alumni Yang Cinta Pelajaran KWU

Saat mendengar kata KWU apa yang akan Anda fikirkan? Yup, benar sekali jika Anda berfikir tentang pelajaran kewirausahaan. Pokok materi pelajaran yang satu ini adalah menanamkan jiwa kewirausahaan dan dasar-dasar pengelolaan bisnis dari sejak SMK. Alumni kita yang satu ini, mengucapkan terimakasih kepada Alm Bu Kiherni, Bu Kunti, Bu Rusmilah, Bu Umi BC dll. yang di masa di sekolah sudah sangat berjasa. Berikut beberapa hasil wawancara dengan Radian Ade Firmasyah di lokasi usahanya di Denanyar, Jombang.

Radian Ade Firmansyah, adalah alumni SMK Negeri 1 Jombang jurusan Akuntansi yang lulus di tahun 2014. Yang kini mantap mengelola bisnisnya Online Shop bernama Shalawat Store dengan lapak fisik di halaman parkir desa Denanyar Jombang. Lapak onlinenya juga hadir dibeberapa marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia dan instagram. Tapi untuk mencapai pada posisinya yang sekarang, tidak sedikit bisnis yang telah dicoba oleh alumni kita ini. Saat bisnis ulat booming, sempat juga merintis usaha ternak ulat dirumahnya di Candimulyo. “Usaha itu tidak jalan, karena harga sangat fluktuatif, tidak sesuai biaya operasional dan tenaga yg saya keluarkan dengan harga jual hasil ternak ulat tersebut. Setelah usaha itu gagal, semua peralatan saya jual, uang nya saya buat jualan jaket jaket anak sholawat, syekhermania dll. Ini awal saya sudah mulai jualan online, tetapi saya masih tetap jaga konter dan kuliah juga”.ucap pria yang sangat mengidolakan Habib Syeikh dan para Habaib lain.

Pada tahun 2017 Radian, memutuskan keluar kerja dari konter, karena terlalu di zona nyaman menurutnya, “Saya harus cari pengalaman baru yg menantang dan bisa berpenghasilan besar guna untuk mengembangkan usaha jualan saya sendiri. Masuk ke dunia Sales di PT Mitra Usaha Sukses Sejahtera, distributor produk Unilever di Jombang. Kuliah sudah hanya sabtu jam 13.00 – 17.30 dan Ahad nya dari jam 07.00 wib sampai 17.30.Setiap hari keliling dari satu toko ke toko yang lain mulai dari Tambakberas, Tembelang, Ploso, Kabuh, Kudu, Ngusikan. “Sesuai rute harian toko yang harus dikunjungi. Dengan target presure yg sangat tinggi pastinya. Alhamdulillah bisa nabung lumayan dari kerja Sales ini, dengan sy sebisa mungkin mengeluarkan uang buat jajan. Mending makan dirumah saja, beli baju pun sering beli di baju bekas import seperti itu saking pengen nya punya modal buat usaha. Keterusan sampai skrg suka beli baju bekas import itu”.tambah radian tersenyum.

“Terkumpul modal beberapa juta, saya beranikan sewa toko dan stok barang cukup di toko saya Denanyar, meski masih kerja Sales dan kuliah di Universitas Wahab Hasbulloh. Akhirnya tahun 2018 awal saya pamit berhenti sebagai Sales karena harus magang dan mengembangkan usaha saya sendiri, jadi tidak sampai setahun, hanya 9-11 bulan saja. Dari sini lah saya hanya kuliah dan mengembangkan usaha saya ‘sholawat store dengan tim yang hanya 1 orang yang bantu saya, karna saya masih belum fokus waktunya dibagi dengan kuliah, tambahnya dengan tidak lepas mengucap beberapa kali alhamdulillah.

Pada tahun 2019, Radian Lulus kuliah dengan biaya sendiri dan yang pasti nya. Namun dia menyadari pentingnya seorang anak untuk selalu minta doa kepada orang tua dan para guru. “Baginya inilah hal yang terpenting dalam hidup, tanpa mereka saya bukan apa apa” katanya. Pasca kuliah hingga kini Radian fokus mengembangkan usahanya, hingga sekarang memiliki 3 orang tim yang bantu dan telah menyewa tambahan toko bersebelahan dari semula hanya 1 toko saja. “Selain itu, saluran penjualan saya juga ada di beberapa marketplace Shopee, Lazada, Tokped, Bukalapak, IG dll nya dengan terus berjejaring di komunitas online sampai sekarang”.Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah tutur radian Radian sambil menunjukkan beberapa lapak onlinnya.

Akun Instagram Milik Shalawat Store yang kini telah memiliki 43,9 K Follower


Kepada adik-adiknya yang kini sekolah, Radian berpesan “Terus belajar apapun, belum tentu yang kalian tidak suka itu akan selamanya. Saya adalah anak Akuntansi, dulu zaman SMK sangat ‘kurang suka dan malu’ dengan pelajaran KWU dg kita ‘dipaksa’ beli dan jual barang dari Business Center SMK. Karna pernah satu waktu dulu pernah disuruh jualan ‘pembalut wanita’. Jengkel waktu itu saya. Tetapi kelas 3 SMK pikiran sy terbuka dg jualan di sekolah terang bulan, pulsa dll. Untuk nambah uang jajan, biar tdk sering hutang saat makan di kantin,wkwk. Dan skrg sy memetik buah nya, ternyata saya sekarang saya sangat suka dengan pemasaran alias jualan. Terimakasih kpd Alm Bu Kiherni, Bu Kunti, Bu Rusmilah, Bu Umi BC dll.” ucapnya dengan berkaca-kaca mengingat beberapa guru dimasanya telah berpulang ke haribaan Allah SWT.

Ingat, ‘semua akan jualan pada waktunya’ heheJangan gengsi, kerja saja apapun itu asal halal saat lulus sekolah. Apalagi jika kita adalah seorang laki laki dan anak pertama spt saya. Ada anak istri kelak yg harus kita bahagiakan, ada orang tua dan kita harus jadi contoh yang baik buat adek adek kita. Kerja saja dengan gaji yg mungkin dalam hati kita masih kecil. Gapapa, itu akan mengasah dan menambah pengalaman serta relasi. Klo kerja nunggu yg gajinya besar, kapan akan kerja nya. Siapa kalian? Kemampuan kalian seperti apa? Perusahaan belum tahu kemampuan kalian kok uda minta gaji tinggi. Tunjukkin dulu kemampuan kalian, Insyaallah gaji tinggi akan mengikuti jika kalian baik kinerja nya. Jika masih segitu segitu saja minimal uda pengalaman di dunia kerja, jika ada peluang yg lain yg lebih baik, resign pindah ke tempat tersebut. Ingat persaingan di dunia kerja sangat tinggi, lapangan kerja belum tentu bisa menyerap semuanya, setiap tahun kalian lulus, tidak hanya angkatan kalian saja di SMKN 1 Jombang saja, ada SMK SMK yang lain se Indonesia, belum lagi anak S1 yang se Indonesia yang baru lulus itu juga. Jadi jangan gengsi, mending kerja dulu cari pengalaman dan relasi sebanyak banyaknya. Nanti akan ketemu jalan suksesnya, Insyaallah.

Radian Ade Firmansyah dalam kunjungan pertemuan bisnis di Bukalapak Jakarta (Sumber: Dok. Pribadi)

Ketika berwirausaha hendaknya untuk terus mengedepankan akhlaq yang baik, yaitu jujur. Karna itu adalah kunci kepercayaan konsumen kpd kita. Dan jangan mudah komsumtif ketika dirasa usaha uda jalan, langsung kredit motor, mobil, atau beli Hp mahal. Ini yang biasanya pengusaha suka abai disini, akhirnya usaha nya tdk bisa bertahan lama. Belilah sesuai dengan kebutuhan, uang hasil usaha lebih baik digunakan utk mengembangkan usaha nya agar lebih kuat dan bisa bertahan lama. Karna semakin tahun, kompetitor dan dunia usaha akan terus berkembang, apalagi di dunia jual beli online. Lebih baik investasikan uang mu untuk belajar, ikut workshop jualan online lewat IG, FB Ads dll atau kalo lebih uang nya bisa buka cabang toko offline lagi atau investasi asset tanah, rumah, emas. Hidup tetap sederhana saja, membumi, tidak sombong. Insyaallah lebih baik seperti itu

Selalu berusaha optimis dan berdoa. Husnudzan kepada Allah Swt, Minta doa orang tua dan guru. Insyaallah jalan akan diberi kemudahan. Apalagi ditambah istiqomah dengan wirid atau doa doa.Semoga kita semuanya dimudahkan oleh Allah Swt segala urusan nya, dimudahkan rezekinya agar bisa membahagiakan ortu, istri, anak dan dapat membantu orang lain lebih banyak. Amiin 🙏🏻