SMKN I Jombang Salah Satu Sekolah Akan Akreditasi Perpustakaan

Caption Foto : Kepala SMKN I Jombang saat ditemui di ruang kerjanya

Agenda Sekolah – Kepala Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Negeri 1 Jombang Drs. Supriyadi M.Kes menyampaikan bahwa perpustakaan guna mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca untuk mencari dan mengelolah serta memanfaatkan informasi bagi peserta didik di sekolahan. Perpustakaan sebagai salah satu elemen pendukung kondusivitas proses belajar mengajar di sekolah SMK Negeri 1 Jombang. 

“Pepustakaan sebagai sarana penunjang dalam proses belajar mengajar bagi pendidik dan anak didik maupun sebagai penyedia informasi bagi tenaga kependidikan di SMK Negeri I Jombang siap di Akreditasi,” terang Supriyadi saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu (3/3/2021)

Perpustakaan di SMK Negeri 1 Jombang diupayakan dapat menjadi penyedia informasi yang representatif dan menjangkau seluruh pemustaka di lingkungan sekolah SMK Negeri I Jombang. Sampai sekarang status perpustakaan SMK Negeri 1 masih belum terakreditasi. 

“Sebagai perpustakaan sekolah yang terus berupaya menjadi lebih baik dengan meningkatkan kepercayaan pemustaka mengenai kinerja perpustakaan dan untuk menjamin konsistensi kualitas kegiatan di perpustakaan,” ungkap Supriyadi.

Pada tahun 2021, sesuai dengan surat pemberitahuan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang, perpustakaan SMK Negeri 1 Jombang  ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang akan mengikuti akreditasi perpustakaan. Penunjukkan tersebut langsung mendapat respon positif dari Kepala SMK Negeri 1 Jombang dan segera menunjuk segenap guru dan karyawan yang terkait sebagai Tim Pelaksana Akreditasi untuk memulai persiapan akreditasi perpustakaan sekolah.

“Sedangkan sistem pelayanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Jombang memakai sistem campuran yakni sistem terbuka untuk koleksi umum dan sistem tertutup untuk koleksi referensi maupun paket. Seperti halnya standar perpustakaan sekolah, koleksi yang ada di perpustakaan meliputi koleksi fiksi, non fiksi, referensi, buku paket, majalah, koran,  dan beberapa koleksi digital. Sarana penunjang yang ada meliputi komputer, wifi, televisi android, LCD plus proyektor, maupun CD pembelajaran,” jelas Supriyadi.

Layanan ruang baca juga dibuat se-representatif mungkin dan fleksibel berupa meja dan kursi baca yang kekinian maupun model lesehan dengan nyaman. Untuk layanan katalog telah dibuat katalog online yang memungkinkan untuk lebih mudah diakses oleh para pemustaka. Kondisi ruangan juga terus dikembangkan dan ruang baca dalam proses perluasan, pembenahan, dan penambahan. Demikian pula penambahan koleksi baik buku paket sesuai kurikulum, buku non paket berupa non fiksi untuk pengembangan  kompetensi akademik maupun non akademik dan koleksi fiksi sebagai bacaan  rekreatif bagi para pemustaka. 

“Semua itu dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan akreditasi perpustakaan dan juga terus melakukan perbaikan dari segala aspek. Dengan proses ini berharap perpustakaan SMK Negeri 1 Jombang atas dukungan dan kerja sama berbagai pihak akan siap untuk mengikuti akreditasi tahun 2021,” pungkas Supriyadi. (Lis)