Yana: Alumni SMK Jurusan Akuntansi Bisa Jadi Konsultan Pertanahan

Mengambil jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang di tahun 2013 dan lanjut diprogram S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, tampaknya tidak membuat Wahyu Kurniana berpuas. Tantangan sebagai anggota tim Konsultan Perorangan sebagai bagian Tim Reforma Agraria Nasional (RAN) yang mempunyai tugas dan fungsi untuk menetapkan kebijakan dan rencana Reforma Agraria;  melakukan koordinasi dan penyelesaian kendala dalam penyelenggaraan Reforma Agraria; serta, melakukan pengawasan serta pelaporan pelaksanaan Reforma Agraria. Lokasi tugas Yana di Kantor Pertanahan Kota Pasuruan.

Berdasarkan pengalaman ini, dia berpesan untuk adik-adiknya yang masih sekolah “Lulusan jurusan akuntansi, harus punya skill analisis yang baik, fokus dan konsentrasi perlu diasah lebih dan harus menguasai aplikasi ms.excel tentunya, karena tidak setiap perusahaan/dinas pemerintah memakai aplikasi keuangan yg terbiasa dilakukan saat belajar di SMK” kata alumni yang akrab dipanggil Yana.

“Agar sampai diposisinya sekarang, kuncinya belajar dg giat, ikhtiar, dan harus mempunyai rasa percaya diri, selain itu yang paling utama adalah doa kita dan orangtua, tanpa doa semua yg dilakukan akan sia sia. Tetap semangat belajar, latih skill sedari dini, usaha keras, karena tidak ada usaha yg tidak membuahkan hasil. Percaya diri akan kemampuan namun tetap rendah hati, demikian tutur Yana menutup kisahnya.