Omset Diatas UMR, Yakinkan Tekad Yani di Jalur Olshop

Pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa di era industri 4.0 menjadi salah satu fokus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengembangan minat kewirausahaan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter. Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, lulusan SMK juga didorong menjadi wirausaha kreatif. 

Inilah yang dipilih oleh SULIS TIAH HANDAYANI alumni SMK Negeri 1 Jombang Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga angkatan tahun 2020 untuk terus berwirausaha online. Baginya berwirausaha adalah hal paling menyenangkan. “Enak tidak harus ribut dengan jam masuk dan jam pulang, setiap hari bisa bermain HP”, begitu kata Yani menjelaskan mengapa dia berwirausaha. Apa yang menjadi tanggung jawab dipekerjaannya sekarang, pun cukup mudah. “Saya sekarang harus berupaya membuat postingan yang menarik customer untuk membeli barang saya, sebisa mungkin melayani dengan ramah tamah. Jika ada rijek dibarang usahakan untuk tetap bertanggungjawab agar customer tetap melakukan repeat order. Jangan melulu ingin keuntungan tapi harus merugikan orang lain” kata Yanni menambahkan.

Profil usaha online shop , Yanni adalah toko pakaian anak muda segala macam, mulai baju, celana, jaket dan lain-lain. Buat kalian yang lagi pingin belaja baju tapi malas ke pasar karena pandemi, bisa hubungi alumni kita satu ini. Toko olshop ini punya IG : PantsJombang dan Facebook: PantsJombang. Produk-produk yang dijual di pants jombang dijamin selalu update dengan mode terbaru dan harganya cukup bersaing. Buat para siswa SMK Negeri 1 Jombang yang mau jadi reseller pun dibuka peluang, enak bukan bekerja tapi juga sambil belajar. “Apapun itu asal halal jangan sampai kita merasa gengsi atau canggung”, ungkap Yani

Lalu apa ada persiapan khusus setelah lulus dari SMK Negeri 1, untuk jadi pelapak online shop sukses seperti sekarang. Yang utama pasti niat, lalu di susul dengan usaha dan konsisten, bangun usaha ataupun bisnis online shop bukan hal yg susah, apalagi perkara modal. Karena di zaman sekarang semua serba canggih. Tidak ada modal bisa ikut sistem dropship, dimana kita cuma copy paste posting jika laku, supplier kita yg kerjakan namun dikirim kemana saja atas nama kita sendiri, dan kita langsung Terima keuntungan.

Kepada adik-adiknya yang kini masih bersekolah di SMK Negeri 1 Jombang Yani ingin berpesan, untuk jangan terlalu ngebut nilai harus bagus, tapi utamakan kejujuran, nilai dan ijazah tidak selamanya jadi tolak ukur kesuksesan. “Saya sudah 1 tahun lebih lulus dari SMK. Ijazah saya sama sekali belum berguna. Karena saya lebih memilih berusaha sendiri. Berapapun penghasilan saya sudah lebih dari cukup. Alhamdulillah lebih dari UMR Jombang. Dan kalau lagi ramai bisa mencapai UMR Surabaya. Usaha pasti ada pasang dan surutnya. Namun sekecil apapun usahanya saya adalah bos diusaha saya sendiri, tanpa ada yg memerintah dan memarahi”. demikian terang Yanni menutup pemaparannya.