Site Loader

Tidak seperti upacara biasanya pada pagi itu tampak petugas upacara sudah bersiap – siap menyambut pelaksanaan upacara.Bertepatan pada hari kamis, 17 Agustus 2017 inilah diperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia.Para siswa juga menyambutnya dengan mengikuti sebagai peserta upacara meskipun pada hari itu hari libur akan tetapi tidak menyurutkan semangat untuk mengikuti upacara.

Pada upacara ini yang bertugas adalah dari para siswi sedangkan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah kepala sekolah SMKN 1 Jombang, Drs. Supriyadi M.Kes.

Pada sambutannya kepala sekolah mengapresiasi petugas upacara yang sudah cukup baik dalam melaksanakan tugas upacara pada pelaksanaan upacara hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini.Dan perlu ditingkatkan lagi menjadi yang lebih baik lagi.

Pada hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini kepala sekolah berpesan kepada para siswa untuk mengenang jasa para pahlawan dan kakek – nenek moyang kita yang telah bersusah payah merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan bangsa asing.

Untuk itu tidak boleh enak-enakan saja menikmati keindahan dan sumber daya alam yang dimiliki oleh tanah air ini.Belajar pada jaman dahulu, kakek nenek moyang kita juga melakukan hal yang sama, mereka tidak tahu bahwa apa yang ada pada tanah air kita ternyata juga diingini dan berhasrat memiliki oleh bangsa lain.Sejarah telah menuliskan bahwa mulai dari kerajaan Sri Wijaya sampai Mojopahit adalah bukti bahwa kakek – nenek moyang kita telah berusaha membangun dan mempertahankan sebuah peradaban yang lebih tinggi.Hal itu dilakukan tidak lain adalah untuk menyatukan dan memperkuat suku suku yang ada untuk menjadi suatu bangsa yang terbingkai dalam kebhinekaan agar sumber daya yang ada bisa terkelola dengan baik.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan acara tumpengan dan kirim do’a kepada para pahlawan dan kakek-nenek moyang yang telah mendahului.

Kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng dan syukuran makan bersama bapak dan ibu guru.

Post Author: Hafis muaddab