Site Loader

 

Pusat Oleh-Oleh Jombang (POJ) bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Lingkungan Hidup gelarYouth  Green Festival 2019 dengan tema “Tirakat Nyampah Plastik, Jombang Cantik Tanpa Sampah”. Disertai Lomba Poster Go Green, Lomba Duta Go Green, Lomba Tumbler Dance Shake yang diikuti siswa siswi SD, SMP dan SMA se Kabupaten Jombang. Dihadiri Wakil Bupati Jombang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Direktur Perusahaan Jasa Tirta dan Peserta Lomba serta masyarakat. Bertempat di Kebon Ratu Keplaksari Jombang. Minggu (31/3/2019)

Youth Green Festival 2019 dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM WR.Tjitrawatie, MSi menyampaikan Program pemerintah Jombang berkadang (Jombang berkarakter dan berdaya saing). kegiatan jombang youth green festival tahun 2019 dengan mengambil tema, “Tirakat nyampah Plastik” dengan harapan program pemerintah juga sekaligus program mendunia yaitu benar-benar negara indonesia terutama kabupaten Jombang untuk benar-benar bisa terminimalkan untuk bebas dari sampah, jelasnya.

Manajer POJ Mike Nur Widiyanti ketika diwawancarai mengatakan Youth Green Festival 2019 tujuannya ikut berpartisipasi untuk mengurangi sampah plastik, karena sampah plastik merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan, jika tidak ada aksi nyata mulai dari sekarang itu akan menimbulkan masalah yang sangat luar biasa. Krusialnya ketika sampah plastik sudah menumpuk. Sasarannya adalah generasi muda dengan harapan generasi muda yang menjadi ujung tombak untuk program pengurangan sampah plastik.

“Kami bermitra dengan seluruh UKM yang ada di kabupaten Jombang, karena UKM merupakan pelaku usaha yang memproduksi makanan dan minuman, mereka lah yang banyak menggunakan kemasan, untuk itu mulai sekarang bekerjasama, berikrar untuk mengurangi kemasan dalam bentuk plastik. Kedepannya dengan langkah kecil ini, sampah plastik dimasyarakat terus berkurang bersamaan dengan berkurangnya produksi sampah yang dihasilkan oleh produsen makanan dan minuman,” ungkapnya.

Lanjut Mike, kegiatan dimulai dari pagi sampai siang, semua yang terlibat harus menghindari sampah plastik, mulai dari panitia yang tidak menyediakan minuman dalam kemasan plastik, UKM pun tidak boleh menggunakan tas kresek atau tas plastik ketika membungkus makanan, hal tersebut dilakukan untuk mengawali gerakan Jombang cantik tanpa sampah plastik.

“Target kedepannya adalah aksi nyata, ini bukan sekedar ceremony, bukan sekedar hura-hura tetapi aksi nyata yang dalam waktu dekat secara continue setiap bulan akan menggerakkan seluruh generasi muda dan masyarakat untuk melakukan gerakan bersih sampah plastik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua komunitas anak sungai, brantas berdaya Amik menyampaikan deklarasi peduli lingkungan atau disingkat dengan darling, siapa yang peduli lingkungan tentunya masyarakat. “Hari ini akan mendeklarasikan diri dalam satu hati, satu jiwa untuk pelestarian lingkungan, namun di peringatan hari air juga komunitas berpartisipasi dari komunitas pembuat tumpeng untuk berdo’a bersama, selamatan. Nantinya tumpeng akan dipotong oleh Wakil Bupati Jombang dan diserahkan kepada komunitas,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Juara duta GO GREEN 2019 untuk SD juara 1. Gracia Septiana 2.  Ailyne Kenisha dan 3. Ayana Izzatul. Tingkat SMP juara 1 Nano waritsul ilmi 2.  Naura Rusyda 3. Alea Martiza dan juara favorit Novedilla. Sedangkan untuk SMA juara 1. M. Nurul Muflikun 2. Ahmad Afandi 3. M. Habib Asroh dan juara favorit Nanda dhea. Selanjutnya Juara lomba dance shake juara 1. Kiswa, MTSN 16  2. Spijilang dan 3. Xtrada. Untuk Juara lomba poster SD juara 1. Nafisah Rahma 2. Yuri Al Satita 3. Amanda Shabira. Untuk SMP juara 1. Nadya Risma 2. Rizka 3.Wardah Shofa dan tingkat SMA juara 1.Hidayat 2. Aisya Devi dan Fernanda. 

Post Author: Hafis muaddab